Bisnis properti memang tidak ada matinya. Setiap tahun selalu berkembang dan mendatangkan keuntungan. Salah satunya yakni dengan mendirikan kos-kosan, terutama yang memiliki tanah di dekat tempat pendidikan seperti SMA dan universitas, biasanya tidak pernah sepi dan selalu dicari-cari pelanggan. Tidak heran jika banyak yang ingin membangun kos-kosan sebagai lahan bisnis yang menjanjikan. Apalagi harga sewa kos-kosan selalu naik tiap tahun, dan sangat kecil kemungkinan merugi.

Namun, dalam membangun kos, Anda juga memerlukan orang ahli yang akan mengerjakan proses pembangunan tersebut dengan baik dan profesional. Oleh sebab itu, menggunakan jasa kontraktor kos sangat direkomendasikan. Sebab dengan jasa kontraktor, segala pengerjaan bisa dilakukan dengan lebih cepat. Selain itu, mereka pula lah yang menyediakan material untuk pembangunan kos-kosan Anda. Meskipun begitu, sebagai klien, Anda juga harus meneliti dan mengecek material-material tersebut, sehingga bisa sesuai dengan keinginan Anda.

Seperti beberapa pertimbangan berikut yang perlu Anda cermati ketika memilih material untuk pembangunan kos-kosan idaman.

  1. Pastikan Ketersediaan Biaya sebelum Membeli Material

Ketika melakukan kegiatan apa pun, ketersediaan biaya selalu menjadi perihal utama yang wajib diperhitungkan. Begitu pula saat Anda akan mendirikan kos-kosan dengan menggunakan jasa kontraktor kos. Anda harus berkonsultasi dengan pihak kontraktor untuk menentukan material seperti apa yang bisa disediakan, dengan standar dana yang Anda miliki. Apabila merasa awam dengan biaya material, perhitungkan dulu sebelumnya dengan riset ke website-website yang menjual bahan bangunan maupun furnitur untuk interior kos.

Jika Anda sudah mengetahui sejak awal material jenis apa yang Anda inginkan, berarti Anda tinggal menyiapkan dana. Namun, ketika belum tahu dan ingin memasrahkan saja pada pihak kontraktor, maka Anda harus membuat dana persiapan tersebut bisa mencukupi pembelian material yang dilakukan kontraktor. Hal seperti inilah yang membuat kontraktor resmi dan profesional lebih dianjurkan untuk Anda. Karena kemungkinan untuk ditipu atau dirugikan bisa lebih kecil dibanding dengan memakai jasa kontraktor tidak resmi.

Namun, hal paling penting ketika membeli bahan material adalah menyesuaikan kualitas bahan dengan dana yang Anda keluarkan. Boleh saja membeli material murah asal kualitasnya tidak murahan, tapi jelas akan sulit menemukan pemasok yang menjual material seperti itu. Material yang sedikit lebih mahal biasanya kualitasnya memang lebih baik, meskipun tidak menjadi acuan. Sehingga penting sekali mengetahui jenis-jenis material bangunan sebelum Anda memutuskan untuk benar-benar membeli.

  1. Sesuaikan Kondisi Material dan Estetikanya dengan Konsep Kos

Jasa kontraktor kos biasanya tidak hanya mengurusi bagian pembangunan, tapi juga mempersiapkan interior, sehingga kos bisa langsung dipakai dengan fasilitas yang lengkap. Oleh sebab itu, ketika memilih material, harus dilihat terlebih dulu kondisi barangnya, apakah masih bagus atau terdapat cacat. Meskipun penanganan material diserahkan kepada kontraktor, tapi Anda wajib mengeceknya untuk memastikan tidak material yang buruk dan nantinya merugikan Anda di kemudian hari.

Terutama untuk material bangunan, seperti jenis batu bata, pasir, kerikil, kayu, besi serta genting untuk atap. Jangan sampai Anda mendapatkan material dengan kualitas buruk padahal dana yang dikeluarkan cukup untuk membeli material dengan kualitas terbaik. Selain itu, material bangunan yang kualitasnya tidak bagus biasanya akan menyebabkan beberapa kerusakan perlahan pada bangunan, seperti tembok yang tidak kokoh, lantai yang mudah retak dan terutama atap material gentingnya mudah pecah.

2.Sesuaikan Kondisi Material dan Estetikanya dengan Konsep Kos

2.Sesuaikan Kondisi Material dan Estetikanya dengan Konsep Kos

Sedangkan untuk material interior, yang dipasang sesudah kos-kosan berbentuk rumah, perlu juga memperhatikan nilai estetikanya. Anda tidak mungkin memasang meja dan kursi klasik di rumah kos yang bergaya minimalis modern, karena hasilnya akan njomplang dan terlihat tidak serasi. Meskipun boleh saja memadu padankan konsep klasik dan modern, tapi juga harus tahu aturan dan tidak sembarangan dipasang. Apalagi kos-kosan bukanlah rumah pribadi yang akan Anda tempati sendiri, sehingga tampilan yang memanjakan mata pasti lebih menarik perhatian calon penyewa kos nantinya.

  1. Pilih Material dengan Daya Tahan yang Kuat

Selain biaya, kondisi material, dan nilai estetikanya, Anda juga wajib mencari material yang daya tahannya kuat. Jangan sampai tergoda harga yang murah, Anda asal beli material dan mengabaikan daya tahannya terhadap terpaan angin, air, goncangan dan lain-lain. Begitu juga ketika melihat material yang terlihat cantik, jangan hanya karena bentuknya menarik dan unik, Anda jadi mengabaikan daya tahannya. Tentu akan percuma mencari material yang cantik tapi mudah rusak, ujung-ujungnya Anda harus membeli yang baru di kemudian hari dan mengeluarkan biaya lagi.

3.Pilih Material dengan Daya Tahan yang Kuat

3.Pilih Material dengan Daya Tahan yang Kuat

Bukan hanya material utama, material pendukung pun daya tahannya harus sama-sama kuatnya. Sebab, sesuatu yang mudah rusak, tentunya harus diganti dengan cepat dan berujung dana lain yang harus dikeluarkan. Lalu, apa saja material pendukung tersebut? Contohnya seperti cat dinding. Ketika Anda membeli cat dinding kualitas buruk, dalam beberapa bulan saja sudah cepat terkelupas. Apalagi jika musim hujan tiba, biasanya cepat berlumut atau berjamur. Dinding yang ditumbuhi jamur tentu membawa penyakit, sporanya akan membuat beberapa orang rumah mendapat alergi jika kekebalan tubuh mereka tidak kuat. Ini tentu menjadi masalah yang berbahaya.

Bahkan, material dengan pendukung dengan kualitas buruk, biasanya dibuat dari bahan-bahan kimia yang cukup berbahaya, sehingga Anda perlu berhati-hati pada hal-hal kecil seperti ini. Terutama untuk cat pelapis genting, jika tidak tahan lama, tentu akan membuat atap mudah bocor dan mengganggu kenyamanan penghuni kos nantinya.

  1. Cari Pemasok Material yang Berkualitas

Mempercayakan pemasok material pada orang yang belum dikenal memang sangat sulit, apalagi jika Anda belum tahu track record mereka di dunia bisnis material. Apabila Anda ingin menggunakan pemasok material yang sudah dikenal tentu akan lebih baik, tapi harus ada pembicaraan dulu dengan jasa kontraktor kos yang Anda pakai. Pasalnya jasa kontraktor biasanya memiliki pemasok atau suplier sendiri yang mereka percayai. Sehingga harus ada kesepakatan untuk masalah pemasok ini.

4.Cari Pemasok Material yang Berkualitas

4.Cari Pemasok Material yang Berkualitas

Ada untung dan ruginya memang ketika menggunakan jasa suplier pilihan sendiri. Untungnya, Anda mengetahui seluk beluk suplier tersebut dengan baik, apalagi jika sudah kenal lama. Harga pun bisa dinegosiasikan dengan lebih baik, dan Anda bisa lebih bebas untuk bertanya seputar material yang ingin Anda beli. Ruginya adalah Anda tidak bisa menuntun jasa kontraktor kos yang Anda pakai jika ternyata material tersebut memiliki kualitas yang tidak sesuai harapan. Sehingga untung dan rugi Anda sendiri yang menanggungnya.

berencana mambangun atau merenovasi rumah dan Kost? Gunakan Jasa Kontraktor Bangunan Kost
WA 081230307300
Email visualkarya@gmail.com

Berbeda ketika Anda menggunakan jasa kontraktor untuk menyiapkan segala material yang dibutuhkan, maka jika ada ketidaksesuaian dengan kesepakatan awal, Anda bisa meminta ganti rugi pada jasa kontraktor tersebut. Apalagi jika ada garansi dari pihak kontraktor sejak awal. Selain itu, untuk harga dan lain-lain, Anda bisa mendiskusikannya sejak awal kesepakatan dibuat. Namun, kerugiannya mungkin terjadi jika Anda tidak mengecek dulu kualitas material yang disiapkan oleh kontraktor, sehingga ketika ada kecurangan, Anda baru tahu di akhir. Meskipun begitu, jika kontraktor yang Anda pakai resmi, kecurangan yang terjadi bisa lebih cepat ditanganai daripada ketika Anda memakai jasa kontraktor tidak resmi.