Jasa Kontraktor RumahBangunan yang difungsikan untuk minimarket, tentu berbeda dengan bangunan untuk tempat tinggal. Mulai dari pemberian sekat, atap, sampai pintu, biasanya memakai properti yang memang dikhususkan untuk minimarket. Oleh sebab itu, meminta jasa kontraktor minimarket akan memberi Anda kemudahan dibanding harus dibangun sendiri memakai tukang pribadi. Sebab dari agen kontraktornya sendiri biasanya memiliki tenaga-tenaga profesional, baik dari pihak kontraktor sampai, arsitek, sampai konsultan.

Namun, sebelum Anda melakukan deal dengan pihak kontraktor, sebaiknya lakukan hal-hal seperti di bawah ini terlebih dulu. Supaya proses ke depannya jauh lebih matang dan bisa dikerjakan dengan cepat, tepat, serta sesuai harapan.

  1. Tentukan Konsep Minimarket yang Ingin Anda Bangun, Konsultasikan!

Langkah pertama sebelum benar-benar membangun maupun merenovasi minimarket menggunakan jasa kontraktor adalah menentukan konsep minimarket yang Anda inginkan. Konsep ini sangat penting untuk kelanjutan pengerjaan, sebab kontraktor sekali pun akan bingung jika Anda sendiri tidak tahu konsep seperti apa yang ingin diterapkan pada minimarket Anda.

Untuk menentukan konsep, Anda harus memperhatikan detil-detil seperti barang seperti apa saja yang akan Anda jual, lalu bagaimana tata letak rak, kasir dan gudang. Bahkan hal kecil seperti pemberian tv dan cctv serta air conditioner akan mempengaruhi kenyamanan pelanggan minimarket Anda nantinya. Oleh sebab itu, melakukan riset ke internet dan membaca buku-buku mengenai interior dan eksterior akan memudahkan Anda dalam menentukan konsep.

Atau, jika Anda sangat buta dengan hal seperti itu, cobalah untuk berkonsultasi dengan pihak jasa kontraktor minimarket yang ingin Anda gunakan. Tanyakan seputar bentuk bangunan, hingga desain interior yang cocok untuk barang dagangan yang akan diperjual belikan untuk minimarket. Apalagi jika ada ide baru dan membuat minimarket semakin unik, Anda patut memperhitungkannya sebagai konsep yang perlu diterapkan. Meskipun begitu, ketika menentukan konsep unik, ingat siapa target penjualan Anda. Seperti, apakah taget adalah masyarakat perkotaan atau pedesaan. Minimarket di desa dan kota tentu harus disesuaikan dengan keadaan masyarakat di sana.

  1. Cari Referensi Furniture yang Cocok untuk Konsep Minimarket

Apabila konsep sudah ditentukan dengan matang saatnya mencari referensi furniture yang pas. Untuk mencari furniture ini pun sebaiknya tidak asal-asalan, karena jika tidak cocok dengan konsep yang Anda terapkan, hasilnya malah akan buang-buang uang. Selain itu, terkadang pembelian furniture yang tidak cocok, malah tidak digunakan dan berakhir di gudang. Meskipun Anda bisa menjualnya, tapi tetap saja akan memakan banyak waktu dan tenaga. Oleh sebab itu, memadukan furniture dengan konsep dari awal akan lebih mengefisiensi waktu, tenaga serta biaya.

jasa kontraktor minimarket

jasa kontraktor minimarket

Mencari referensi ini juga bisa dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari browsing internet, sampai bertanya langsung pada penjual furniture. Namun, jika Anda menggunakan jasa kontraktor yang khusus menangani interior, biasanya mereka juga yang akan menentukan furniture seperti apa yang cocok dengan konsep minimarket yang Anda inginkan. Meskipun begitu, Anda juga harus tahu dan mendiskusikannya dengan kontraktor interior. Apakah Anda suka dengan ide penggunaan interior yang mereka usulkan atau tidak. Jika sudah tahu dari awal, akan lebih mudah bagi Anda melayangkan keberatan, sehingga mereka bisa memberikan interior sesuai permintaan Anda.

  1. Tentukan Jadwal Pengerjaan Konstruksi Minimarket

Jadwal pengerjaan juga menjadi salah satu yang wajib dipertimbangkan. Apalagi jika minimarket yang akan dikontruksi ingin segera digunakan. Semakin cepat memang semakin baik, tapi pengerjaan yang terlalu cepat juga dikhawatirkan akan memberi hasil yang kurang memuaskan. Sehingga daripada nantinya Anda harus merombak dan memakan waktu yang lebih banyak, lebih baik beri ketentuan waktu pengerjaan yang sewajarnya. Asalkan jangan sampai terlalu lambat, karena akan berpengaruh juga pada pembukaan minimarket yang semakin mundur.

Namun, meskipun pembangunan minimarket bisa dilakukan kapan saja, usahakan tidak memilih saat musim penghujan. Biasanya, meskipun sudah terjadwal dengan baik, akibat hujan yang terus-terusan bisa jadi menghambat pembangunan. Akibatnya, waktu pengerjaan yang lama akan membuat biaya yang harus dikeluarkan semakin membengkak. Bahkan jika pengerjaan baru setengahnya dan Anda memilih untuk menundanya hingga beberapa bulan, biasanya akan membuat bangunan jadi kurang kokoh dan banyak bagian yang rusak, sehingga perlu diperbaiki lagi. Hal ini juga salah satu alasan waktu pengerjaan bisa semakin lama dan pengeluaran semakin bertambah tanpa Anda sadari.

  1. Siapkan Dana Pembangunan dan Perawatan

Ketika akan menggunakan jasa kontraktor minimarket, menyiapkan dana termasuk hal yang harus Anda pikirkan jauh-jauh hari. Supaya Anda mengetahui berapa dana yang dibutuhkan dalam sekali menyewa jasa kontraktor, ada baiknya melakukan riset ke internet terlebih dahulu. Ketika melakukan riset, sebaiknya mencari website-website terpercaya dan jangan hanya terpaku pada satu referensi. Lakukan riset pada banyak website, blog, hingga jika perlu masuklah ke forum-forum yang membahas jasa kontraktor.

Anda harus memperkirakan berapa besar dana yang digunakan untuk sekali memakai jasa kontraktor. Lebih baik juga tidak mengepaskan dana, karena dalam melakukan pembangunan maupun renovasi, dana tambahan untuk berjaga-jaga harus selalu siap sedia. Anda tidak tahu apakah pengerjaannya akan lancar atau tidak, sehingga dana cadangan tersebut bisa dipakai untuk meng-cover bila terjadi sesuatu.

Selain itu, dana untuk perawatan juga sebaiknya disiapkan sejak awal. Jika bisa, anggarkan dana sendiri untuk melakukan perawatan pada minimarket yang sudah jadi. Perawatan akan maksimal jika ditangani oleh kontraktor yang sama, karena merekalah yang tahu seluk beluk bangunan tersebut. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa meminta orang lain untuk melakukan perawatan.

  1. Mencari Kontraktor Profesional untuk Menggarap Ide Anda

Jika sudah melakukan semua hal di atas, saatnya menentukan jasa kontraktor minimarket seperti apa yang Anda inginkan. Tidak apa-apa mematok kualifikasi yang tinggi, asal jasa kontraktor tersebut sesuai dengan pemikiran serta isi dompet Anda. Bukan hanya itu, ketika mencari kontraktor, Anda juga harus melihat legalitasnya. Apakah mereka memiliki izin resmi atau tidak. Memakai kontraktor resmi tentu akan memudahkan dalam berbagai urusan ke depannya. Apalagi jika ada masalah hukum, maka penyelesaiannya akan lebih muda jika dengan kontraktor resmi.

Bukan hanya itu, ketika mencari kontraktor, usahakan yang memberikan garansi kepada Anda. Supaya ketika ada kerusakan di masa depan, Anda bisa menemui kontraktor yang sama untuk mengatasi dan membenarkan tanpa mengeluarkan banyak biaya lagi. Pemberian garansi ini tentunya juga akan sulit didapat jika Anda memakai kontraktor tidak legal. Untuk kontraktor legal, tanpa diminta pun mereka akan menawarkan garansi untuk Anda.

Kelebihan jasa kontraktor minimarket legal lainnya adalah mereka memiliki pekerja yang profesional dan tim yang solid. Hal ini penting supaya ketika mengerjakan proyek yang Anda beri, mereka bisa menjalankannya dengan baik dan minim kesalahan. Selain itu, kontraktor legal juga akan dengan suka rela mau membuat surat kerja yang resmi dan berkekuatan hukum. Sehingga ketika ada hal-hal tidak diinginkan di kemudian hari, kedua belah pihak baik dari Anda maupun kontraktor bisa menyelesaikannya dengan baik menggunakan jalur hukum.