Membangun toko untuk usaha tertentu memang impian tiap pemilik usaha. Akan tetapi, dalam pembangunan toko tidak mungkin dilakukan sendiri, sebab bukan kapasitas Anda untuk melakukan pekerjaan bangunan. Menghadapi masalah seperti ini, menyewa jasa kontraktor menjadi solusi yang cukup jitu. Jasa kontraktor toko sendiri sebenarnya hampir sama dengan jasa kontraktor untuk pembangunan yang lain seperti rumah dan gedung. Namun, sebelum benar-benar menghubungi jasa kontraktor, ada baiknya Anda perhatikan hal-hal seperti di bawah ini untuk mencegah kejadian atau kesalahan yang tidak diinginkan.

  1. Carilah Kontraktor yang Terjamin Legalitasnya

Legalitas dalam suatu penyewa jasa ini sangat penting, apalagi jasa yang ditawarkan merupakan jasa kontraktor, dimana berhubungan dengan bangunan dan dengan biaya yang tidak sedikit. Anda pasti tidak menginginkan toko Anda dibangun oleh orang yang tidak jelas seluk beluknya, karena jika terjadi sesuatu, akan susah diurus secara hukum. Sehingga meneliti legalitas suatu badan penyewa jasa harus dilakukan dengan baik sebelum menggunakannya untuk kepentingan Anda.

Jasa kontraktor yang legal sendiri biasanya memiliki kantor atau tempat resmi yang bisa Anda datangi. Selain itu, perhatikan dengan jeli pula, apakah ada nomer telepon yang bisa dihubungi. Pastikan nomer telepon yang dipakai tidak berganti-ganti dan biasanya memiliki sistem administrasi yang terstruktur. Jika perlu, cari juga website resmi mereka. Apakah website tersebut terpercaya atau tidak, lihat pula tampilannya dan postingan websitenya.

Bahkan untuk jasa kontraktor toko yang legal, memiliki konsultan jika Anda ingin bertanya-tanya mengenai bangunan yang ingin didirikan. Konsultan ini berfungsi sebagai pemberi arahan dan sebagai penjawab pertanyaan dari Anda jika ada hal-hal yang tidak Anda ketahui seputar pembangunan toko Anda. Lebih penting lagi, respon jasa kontraktor dengan legalitas jelas cenderung cepat dan menjawab segala hal tanpa bertele-tele. Artinya, mereka memang berkompeten dan sudah terbiasa mengurusi hal seputar pelanggan yang menyewa jasa mereka.

  1. Pastikan Jasa Kontraktor Berpengalaman, Profesional dan Berkualitas

Untuk memastikan apakah jasa kontraktor toko yang Anda pakai berpengalaman dalam bidangnya atau tidak, salah satu caranya yakni dengan mendengar review atau testimoni dari pelanggan sebelumnya. Dalam hal ini, Anda bisa mencari informasi di website resmi mereka atau bahkan menanyakan langsung pada pelanggan lainnya. Jika merasa kesulitan mencari informasi, tanyakan pada jasa kontraktor tersebut di mana mereka pernah mendirikan bangunan. Lebih baik lagi jika mereka memiliki portofolio yang jelas.

Anda bahkan bisa mendatangi rumah, toko atau bangunan hasil kerja jasa kontraktor tersebut. Lihat bagaimana desainnya, penataan batu-bata atau keramik. Pastikan bahwa mereka membangun bangunan yang kokoh, halus dan tidak terlihat sembrono. Detil-detil kecil seperti pemasangan kusen jendela, pintu, kerangka genting dan bahkan kehalusan cat dinding pun bisa menjadi pertimbangan.

Sedangkan untuk melihat keprofesionalan mereka, tanyakan pada pelanggan lain bagaimana etika kerja mereka. Apakah sering bermasalah atau sekali diberi tahu sudah bisa melaksanakan tugas. Semakin banyak review positif, semakin layak jasa kontraktor tersebut menjadi pertimbangan untuk disewa jasanya.

  1. Cari Jasa Kontraktor dengan Harga Sesuai

Harga sesuai, bukan melulu tentang menyewa jasa kontraktor yang murah. Namun, perhatikan detil seperti apakah harga yang ditawarkan sesuai dengan toko yang akan Anda bangun. Atau, apakah harga yang ditawarkan sesuai dengan isi kantong Anda. Pengertian ‘harga sesuai’ di sini ada banyak. Anda harus pandai-pandai dalam memperhitungkan permasalahan ini sebelum menyewa jasa mereka begitu saja.

Selain itu, harga yang ditawarkan pun sebaiknya dibandingkan dulu dengan harga dari kontraktor lainnya. Sesuaikan dengan harga penyewa jasa di kota atau tempat tinggal Anda. Jika terlalu mahal sementara hasil yang diberikan sama saja dengan lainnya, tentu ini akan merugikan Anda. Atau, jika terlalu murah dari kontraktor lainnya, dikhawatirkan hasil yang mereka berikan tidak sesuai. Ke depannya juga malah merugikan Anda.

Oleh sebab itu, sebaiknya mencari referensi jasa kontraktor toko sebanyak-banyaknya. Tidak melulu di kota Anda, cari dari luar kota juga bisa jadi pilihan alternatif. Inilah pentingnya survei dan riset serta browsing internet. Jangan lupa pula, ketika mendatangi suatu jasa kontraktor, tanyakan semua hal sedetil-detilnya, supaya Anda tidak menyesal pada akhirnya karena sudah memilih kontraktor yang kurang pas. Sebab yang Anda bangun merupakan bangunan dengan konsumsi dana yang tidak kecil, sehingga lebih baik berhati-hati dan teliti.

  1. Pilih Jasa Kontraktor yang Memberi Garansi

Garansi menjadi bagian penting yang harus Anda pertimbangkan ketika menyewa sebuah jasa kontraktor. Hal ini karena Anda berurusan dengan barang yang harganya tidak hanya jutaan, tapi puluhan juta, sehingga sangat penting untuk mendapatkan garansi sebagai jaminan apabila hasil kerja kontraktor yang Anda pilih mengalami permasalahan atau kesalahan fatal.

Meskipun begitu, terkadang garansi yang diberikan kontraktor pun tidak penuh. Biasanya ada yang memberi pilihan bagian mana yang ingin digaransikan, seperti atap, lantai, dinding, kusen dan lain-lain. Apabila sudah begini, pandai-pandailah memprediksi bagian toko yang mana sekiranya yang dikhawatirkan bermasalah. Namun, untuk pilihan pertama, sebaiknya Anda memilih atap atau genting untuk digaransikan, sebab bagian tersebut yang paling rawan bermasalah. Hujan dan angin bisa cepat membuat atap bocor, bahkan daun-daun kering dan sampah yang tersangkut di genting bisa mengakibatkan kebocoran.

Selain memberikan rasa aman pada Anda, adanya garansi ini juga membuktikan bahwa jasa kontraktor toko yang Anda pakai cukup profesional di bidangnya. Bahkan jika ada bagian yang tidak Anda inginkan, atau ada bagian dari pembangunan tidak sesuai dengan yang Anda inginkan, pemberian garansi bisa Anda pakai untuk meminta pembenahan pada bagian yang tidak sesuai tersebut. Meskipun tidak full, tapi setidaknya ada pertanggung jawaban dari pihak kontraktor.

  1. Adakan Surat Perjanjian Kerja

Surat Perjanjian Kerja atau disingkat SPK merupakan cara paling efektif dalam mengatasi kecurangan yang terjadi ketika melakukan suatu kerja sama. Surat ini sebaiknya dilegalitas memakai materai 6000 supaya ada kekuatan hukum di dalamnya. Sehingga jika suatu saat dalam kerja sama Anda dan kontraktor mengalami masalah, SPK ini menjadi acuan apakah masalah tersebut bisa masuk ke ranah hukum atau tidak.

Di dalam SPK pun sebaiknya cantumkan hal-hal yang Anda khawatirkan, seperti kesepakatan dana secara keseluruhan dan dana-dana lain, lama pembangunan toko Anda dan lain-lain. Lebih detil lebih baik. Kemudian buat rangkap dua untuk disimpan Anda sendiri dan pihak jasa kontraktor toko. Tanda tangani surat tersebut di atas materai 6000, kalau perlu adakan saksi ketika perjanjian berlangsung.

SPK mungkin menjadi tidak berlaku jika pihak kontraktor melaksanakan pekerjaan mereka dengan baik. Namun, selalu berjaga-jaga dalam kesepakatan penting seperti ini adalah tindakan yang bijaksana. Selain itu, jasa kontraktor yang terpercaya pastinya tidak akan keberatan jika membuat Surat Perjanjian Kesepakatan. Bahkan untuk jasa kontraktor profesonal, mereka akan menyarankan pelanggan untuk membuat SPK tanpa Anda sendiri yang lebih dulu meminta.